Minggu, 16 Februari 2014

Makalah Laporan Observasi (Analisa dan Riset Pasar)

LAPORAN HASIL OBSERVASI LAPANGAN KE PASAR PERUMNAS KELENDER
TAHUN AJARAN 2013/2014

Disusun oleh:
1.   Annisa Eva Nurabia
2. Arvanzah Edi Saputra
3. Fatihaturrahmah
4. Nurunissa Prameswari Utami

Kelas : X-PBR1


SMK Negeri 48 Jakarta Timur
Daftar Isi
Halaman Judul            ……………………………………………………         i
Lembar Daftar Isi       ……………………………………………………        ii
Kata Pengantar           ……………………………………………………        iii
BAB I PENDAHULUAN 
1.1.    Latar Belakang      ……………………………………………………………
1.2 Rumusan Masalah       …………………………………………………………
1.3.     Tujuan                  ……………………………………………………………
1.4.     Metodologi Penelitian         …………………………………………….......  
BAB II.     TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Pasar          ………………………………………………………..
BAB IIHASIL OBSERVASI
3.1 Rumusan wawancara  ………………………………………………………..
3.2 Hasil wawancara           …………………………………………………………
BAB IV PENUTUP 
4.1.    Kesimpulan        …………………………………………………………..
4.2     Saran               ………………………………………………………………….











BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Sepatu sandal
Pada kesempatan kali ini, kelompok kami sudah melakukan obsevasi lapangan ke lokasi pasar Prumnas Klender dan akan mewawancarai seorang pedagang sepatu sandal wanita yang cukup laris pada saat itu.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Dari penjelasan diatas, maka muncul permasalahan yaitu:
a.   Apa saja produk yang dijual di toko?
b.   Berapa keuntungan toko perbulan/pertahun?
c.   Apa saja kendala-kendala yang dihadapi?
d.   Bagaimana cara bapak/ibu mengatasi kendala-kendala tersebut?

1.3 TUJUAN
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui:
a.   Apa saja produk yang dijual di toko ini.
b.   Apa alasan memilih menjual produk tersebut.
c.   Berapa lama usaha ini dijalankan.
d.   Berapa keuntungan toko perbulan/pertahun.
e.   Apa saja kendala-kendala yang dihadapi.
f.   Bagaimana cara penjual mengatasi kendala yang ada.
g.   Bagaimana kualitas produk yang dijual.
h.   Bagaimana cara pendistribusian barang.
i.     Alasan pelanggan membeli produk.
j.    Lama konsumen berlangganan dengan toko.
1.4 METODOLOGI PENELITIAN
a. Teknik Wawancara
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam bentuk tanya jawab langsung dengan responden.
b. Teknik Survey
      Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengunjungi langsung lokasi pasar dan mengamati langsung semua proses yang terjadi.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat dimana terjadi interaksi antara penjual dan pembeli. Pasar didalamnya terdapat 3 unsur, yaitu: penjual, pembeli, dan barang/jasa yang keberadaaannya tidak dapat dipisahkan. Pertemuan antara penjual dan pembeli menimbulkan transaksi jual-beli, akan tetapi bukan berarti bahwa setiap orang yang masuk kepasar akan membeli barang, ada yang datang kepasar hanya sekedar main saja atau ingin berjumpa dengan seseorang guna mendapatkan informasi tentang sesuatu. Fungsi pasar, terutama pasar tradisional bukan hanya sekedar tempat transaksi jual-beli, tetapi juga sebagai media komunikasi antara warga masyarakat desa yang bermukim di sekitar pasar. Pasar menjadi media sosial yang menghubungkan komunikasi antar manusia disuatu sekitar pasar.


BAB III
HASIL OBSERVASI
Dari survey dan observasi kami di Pasar Prumnas Klender pada tanggal 26 September 2013 pukul 16.00 WIB – 17.00 WIB pada salah seorang pedagang sepatu sandal wanita yang berjualan disana. Berikut laporannya:
Rumusan wawancara:
1.    Apa saja produk yang dijual?
2.   Mengapa memilih menjual produk tersebut?
3.   Sudah berapa lama menjual produk tersebut?
4.   Berapa keuntungan menjual produk tersebut dalam sehari?
5.   Apa saja kendala selama menjual produk tersebut?
6.   Bagaimana cara mengatasi kendala tersebut?
7.   Bagaimana kualitas produk yang dijual?
8.   Darimana saluran produk berasal?
9.   Apa alasan membeli produk di tempat ini? (konsumen)
10.Sudah berapa lama berlangganan di tempat ini? (konsumen)
Hasil Wawancara:
1)   Sandal, sepatu, sepatu sandal, pantopel, dan lain-lain.
2)  Karena bisa dipakai sehari-hari.
3)  3 tahun.
4)  Rp. 6.000.000,00/hari.
5)  Kendalanya hanya ada pada kesalahan ukuran sepatu atau ukuran stock barang terbatas.
6)  Memperbaiki kesalahan dengan mencoba mencari apa yang pelanggan inginkan.
7)  Tidak ada yang bermerk tinggi hanya bermerk standar.
8)  Mengambil prudok di agen daerah Bogor atau Bandung.
9)  Karena, tempatnya nyaman produknya bagus dan menarik.
10)               9 bulan

BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil wawancara kami terhadap salah seorang pedagang sepatu di toko “Basello Shoes” , kami dapat menyimpulkan bahwa dalam berdagang haruslah dapat menentukan stock barang yang akan diperjualkan,dan mampu menganalisa bagaimana cara mengantisipas kemungkinan-kemungkinan buruk yang nantinya akan timbul karena sesuatu hal agar tidak mengalami kerugian yang drastis.
Selain itu, tidak adanya protes dari pelanggan haruslah menjadikan itu sebagai salah satu kiat untuk lebih meningatkan kualitas pelayanan serta produk.
B. Saran

Sebaiknya para pedagang tetap memperhatikan mutu dan kualitas barang dagangannya, terlebih lagi pada suasana ruangannya. Ruangan harus dibuat menjadi lebih nyaman dari sebelumnya, dan menghadirkan sepatu yang bermerek tinggi,model terbaru, dan tidak menaikkan harga, agar pelanggan tidak cepat merasa bosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar